Logo Bloomberg Technoz

Firli: KPK Segera Buka Kasus Korupsi di Kementan

Sultan Ibnu Affan
15 June 2023 21:30

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementerian Pertanian)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementerian Pertanian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan, segera mengungkap semua dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). Hal ini termasuk kabar rencana pemeriksaan keterlibatan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam kasus tersebut.

"Nanti kita akan ungkap semua, ya. Pada saatnya kita sampaikan," ujar Firli di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Firli menampik proses penyelidikan dan penyidikan kasus tersebut memiliki nuansa politik. Menurut dia, lembaga antirasuah tersebut selalu menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan. Proses hukum pun mampu menunjukkan akuntabilitas dan transparansi pengusutan sebuah perkara di KPK.

"KPK itu adalah lembaga negara yang dalam melakukan proses tugas dan kewenangannya tidak terpengaruh dengan kekuasaan apapun. Dengan kekuasaan saja tidak berpengaruh, apalagi isu dan fitnah. Karena dia bekerja profesional," ujar dia.

Penyidikan KPK terhadap dugaan korupsi di Kementerian Pertanian memang langsung dikaitkan dengan peta politik Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Pecah kongsi antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasdem karena perbedaan calon presiden dan wakil presiden diduga berdampak panjang.