Logo Bloomberg Technoz

Kala Jazirah Arab Coba Taklukkan Industri Olahraga Dunia

Ruisa Khoiriyah
13 June 2023 15:20

Billionaire Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, owner of Manchester City (Bloomberg)
Billionaire Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, owner of Manchester City (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gelagat kian jelas dari Sheikh Jassim bin Hamad bin Jassim, salah satu bankir terkaya di Qatar, demi mendapatkan klub sepak bola ternama Inggris, Manchester United, menjadi puncak dari serial ekspansi jazirah Arab di jagat olahraga dunia.

Sheikh Jassim hari ini dikabarkan kembali melayangkan tawaran akuisisi kelima kalinya untuk kepemilikan penuh di Manchester United dari tangan keluarga Glazers dari Amerika Serikat. Laporan Bloomberg News, nilai penawaran untuk pembelian klub elite itu mencapai Rp100 triliun.

Bila upaya Jassim menguasai Setan Merah ini berhasil, maka akan menjadi klub sepak bola elite kedua yang ia miliki setelah sebelumnya berhasil menguasai Paris Saint Germain (PSG), klub sepak bola Prancis. Lebih dari itu, langkah Sheikh Jassim juga bakal kian menahbiskan dominasi negara kaya-orang kaya dari jazirah Arab di industri sepak bola di Eropa. 

Berikut ini nama-nama orang kaya dari jazirah Arab yang telah mencatatkan diri sebagai pemilik klub sepak bola ternama di Eropa, baik sebagai high networth individual maupun sebagai dana investasi negara:

1. Abu Dhabi United Group 

Abu Dhabi United Group for Investment and Development (ADUG) adalah BUMN milik pemerintah Uni Emirat Arab, memunculkan nama Sheikh Mansour yang menjabat sebagai wakil perdana menteri UEA dan juga anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi sebagai pentolannya.