Logo Bloomberg Technoz

OJK Beberkan Penyebab Turunnya Permintaan Kredit Perbankan

Krizia Putri Kinanti
09 June 2023 19:20

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae menyebut bahwa pertumbuhan kredit yang terendah dalam 13 bulan terakhir akibat siklus musiman (seasonal).

OJK mencatat kredit perbankan tumbuh 8,08% secara tahunan atau year on year (yoy) pada April 2023. Ini merupakan pertumbuhan kredit yang terendah dalam 13 bulan terakhir atau sejak April 2022.

Selain karena faktor seasonal, menurutnya, penyebab melandainya pertumbuhan kredit memang juga dipengaruhi permintaan kredit yang masih tumbuh terbatas.

“Secara siklus, pertumbuhan kredit di awal tahun cenderung menurun, dengan pertumbuhan kredit di bulan April umumnya lebih rendah dibandingkan bulan Maret, kecuali pada tahun 2022 karena dipengaruhi oleh pulihnya aktivitas masyarakat setelah pandemi,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (9/6/2023).

Menurutnya, penyesuaian kebijakan stimulus Covid-19 yang semula diberikan secara menyeluruh menjadi spesifik secara tidak langsung juga memengaruhi perlambatan permintaan kredit, karena masih adanya ketidakpastian terkait risiko kredit.