Logo Bloomberg Technoz

Saran Bank Dunia untuk Efektivitas Program Bansos di Indonesia

Yunia Rusmalina
09 May 2023 20:15

Kantor Bank Dunia (Bloomberg)
Kantor Bank Dunia (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Bank Dunia (World Bank) menilai program bantuan sosial (bansos), perlindungan sosial, dan jaminan sosial lebih responsif untuk membantu Pemerintah Indonesia melindungi rumah tangga miskin dan memberantas kemiskinan ekstrem.

Kombinasi bantuan sosial, jaminan sosial, inklusi keuangan, dan investasi infrastruktur yang tangguh juga dinilai dapat membantu rumah tangga di Tanah Air keluar dari kemiskinan.

"Bantuan sosial tidak hanya lebih efisien untuk mengurangi kemiskinan, tetapi juga sangat progresif dalam menurunkan ketimpangan," tulis Bank Dunia dalam laporannya yang bertajuk Pathways Towards Economic Security Indonesia Poverty Assessment, diluncurkan Selasa (9/5/2023).

Meski begitu, langkah-langkah perlindungan sosial tersebut perlu dibarengi dengan penciptaan lapangan kerja untuk melindungi masyarakat agar tidak jatuh ke jurang kemiskinan. Selain itu, pemberian bansos juga disarankan lebih tepat sasaran dan lebih komprehensif.

"Diperlukan adanya sistem bansos yang lebih responsif dan perluasan cakupan jaminan sosial, termasuk bagi para pekerja informal, untuk meningkatkan ketangguhan rumah tangga agar tidak jatuh ke dalam kemiskinan," katanya.