Logo Bloomberg Technoz

Pertamina, PLN Gandeng GOTO hingga TOBA Bentuk Asosiasi EV

Sultan Ibnu Affan
05 June 2023 12:42

Ki-ka: Dannif Utojo Danusaputro, Rian Ernest, dan Paramita Dasgupta dalam peresmian AEML, Senin (5/6/1987)./Bloomberg Technoz-Ibnu Affan
Ki-ka: Dannif Utojo Danusaputro, Rian Ernest, dan Paramita Dasgupta dalam peresmian AEML, Senin (5/6/1987)./Bloomberg Technoz-Ibnu Affan

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sejumlah badan usaha milik negara (BUMN), seperti Pertamina dan PLN, menggandeng pengusaha swasta untuk membentuk Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML). 

Ketua AEML Dannif Danusaputro mengatakan pembentukan asosiasi dilakukan seiring dengan mulai tingginya minat masyarakat menggunakan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Kami percaya dengan peran aktif berbagai pihak, dukungan penuh pemerintah dan masyarakat; ekosistem KBLBB akan segera dapat tumbuh dan berkembang dan proses transisi energi akan makin lancar," kata Dannif dalam sambutannya di acara peresmian AEML di Jakarta, Senin (5/6/2023).

Direktur Utama Pertamina Power Indonesia (PPI) ini menambahkan AEML didirikan sebagai wadah pionir di industri kendaraan elektrik atau electric vehicle (EV), serta industri pendukung ekosistem mobilitas listrik di Indonesia.

Sekadar catatan, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), per April 2023 penjualan mobil listrik tercatat naik 15,5% dibandingkan dengan Maret 2023. Jumlah mobil listrik yang terjual pada April 2023 mencapai 1.285 unit dari 1.112 unit pada Maret 2023.