Logo Bloomberg Technoz

Usung Ganjar Pranowo, PDIP Tambah Partai Koalisi Jumat Depan

Fransisco Rosarians Enga Geken
04 June 2023 16:00

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Dok Sultan Ibnu/Bloomberg Technoz)
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Dok Sultan Ibnu/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim akan menjalin kesepakatan lagi dengan satu partai politik untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah sebagai calon presiden pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Hal ini membuktikan klaim sejumlah petinggi partai berlambang kepala banteng tersebut soal potensi koalisi besar pada pemilu mendatang.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, hingga saat ini koalisi pengusung Ganjar Pranowo berisi PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura. PDIP juga baru saja menuntaskan kesepahaman dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Maka, Jumat depan akan ada partai lain yang akan bergabung memenangkan kita," kata Hasto saat memberi sambutan di hadapan kader PDIP wilayah DKI Jakarta, Minggu (4/6/2023).

Sebelumnya, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan memang telah menyambangi Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, awal Juni lalu. Menurut versi PAN, dalam pertemuan tersebut, partai berlambang matahari tersebut belum menentukan sikap final soal dukungan pada Pemilu. Zulkifli dan PAN masih menimbang potensi dukungan kepada Ganjar atau Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Hasto sendiri mengatakan, seluruh petinggi PDIP memang rutin menjalin komunikasi dengan partai koalisi pemerintah. Beberapa di antaranya Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PPP, PAN, dan Partai Perindo.