Logo Bloomberg Technoz

AS Sebut Konflik dengan China di Taiwan Akan Berakhir Buruk

News
04 June 2023 15:00

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin (Dok. Bloomberg)
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin (Dok. Bloomberg)

Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin menggunakan pidatonya di konferensi keamanan terbesar di Asia untuk memperingatkan bahwa konflik di Taiwan akan "memengaruhi ekonomi global dengan cara yang tidak dapat dibayangkan". Dia pun kembali mengulangi seruannya soal komunikasi yang lebih baik antara militer Amerika dan Tiongkok.
 
"Jangan salah: konflik di Selat Taiwan akan sangat menghancurkan," kata Austin di Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu (3/6/2023). "Seluruh dunia memiliki kepentingan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, seluruh dunia. Keamanan jalur pelayaran komersial dan rantai pasokan global bergantung padanya."

Segera setelah pernyataan tersebut, seorang pejabat mengatakan, Angkatan Laut AS memang sedang transit di jalur perairan antara Taiwan dan China. Sebuah hal yang lumrah melewati wilayah [Taiwan] yang dianggap telah memiliki pemerintahan sendiri, meski dianggap China masih menjadi bagian dari wilayah kekuasaannya. 

Pidato Austin disampaikan setelah China berulang kali menolak permintaan menteri pertahanan dan mitranya, Li Shangfu, untuk duduk bersama dalam konferensi pertahanan. China menuntut agar AS menghapus sanksi yang dijatuhkan kepada Li pada 2018.