Logo Bloomberg Technoz

Militer China Deteksi Kapal Perang Amerika di Selat Taiwan

News
04 June 2023 07:00

Kapal China di perairan Vietnam. (Sumber: Bloomberg)
Kapal China di perairan Vietnam. (Sumber: Bloomberg)

Peter Martin - Bloomberg News


Bloomberg, Militer China mengaku telah melacak dua kapal perang milik Amerika dan Kanada yang transit di Selat Taiwan, Sabtu (3/6/2023). Padahal, Menteri Pertahanan AS, Llyod Austin sudah menyatakan, tak boleh terjadi konflik pada wilayah tersebut.

Komando Wilaya Timur Tentara China mengatakan, Angkatan Laut dan angkatan udara negaranya telah melacak kedua kapal tersebut di sepanjang selat Taiwan. Mereka pun menilai tindakan AS dan Kanada tersebut telah sengaja menimbulkan masalah dan merusak stabilitas perdamaian di kawasan.

Angkatan Laut AS dikabarkan melakukan transit melalui Selat Taiwan ketika para pemimpin militer Amerika dan Cina berkumpul pada acara Dialog Shangri-La di Singapura. Pada pertemuan tersebut, Austin pun mengatakan, konflik di wilayah Taiwan akan "mempengaruhi ekonomi global dengan cara yang tidak dapat kita bayangkan."  

Dalam pertemuan tersebut, China juga telah menolak permintaan AS untuk membuat pertemuan antara Austin dan mitranya dari China, Li Shangfu. Hal ini sebagai dampak dari kekecewaan China karena Pemerintahan Biden mengesampingkan pencabutan sanksi yang dijatuhkan kepada Li pada 2018. Namun, kedua tokoh ini sempat bertemu dan berjabat tangan saat acara makan malam, Jumat malam lalu.

Artikel Terkait