Logo Bloomberg Technoz

Kejar Omzet, Pengusaha Berharap Laga RI-Argentina Geser Jadwal

Sultan Ibnu Affan
27 May 2023 09:20

Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi. (Natalie Behring/Bloomberg News)
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi. (Natalie Behring/Bloomberg News)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Timnas Argentina resmi akan digelar pada Senin (19/6/2023). Pada saat pergelaran itu, pengusaha berharap bisa mendulang omzet, khususnya untuk industri akomodasi.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi B. Sukamdani berpendapat laga itu akan digelar pada awal pekan atau hari biasa. Dengan demikian, luberan omzet yang dirasakan pengusaha perhotelan dari ajang itu diperkirakan tidak akan terlalu maksimal. 

Pasalnya, kata dia, tingkat keterisian hotel atau okupansi pada hari biasa sudah dipenuhinya oleh karyawan atau orang yang menginap untuk tujuan bisnis dan pekerjaan, bukan untuk menonton laga tersebut.

"Mungkin kalau diselenggarakan weekend [akhir pekan] akan lebih baik. Namun, kalau itu weekday, kemungkinan akan bentrok sama tamu-tamu reguler yang sedang kerja," kata Hariyadi saat dihubungi, Sabtu (27/5/2023).

Meski demikian, dia tidak dapat memerinci berapa taksiran perputaran ekonomi turisme dari ajang tersebut, khususnya bagi sektor industri perhotelan dan restoran.