Logo Bloomberg Technoz

"Kita lihat PoD-nya gimana kok bisa lama sekali.  Soal harga itu urusan bisnis saya gak bisa menyatakan tapi pemerintah kecewa karena terlalu lama," ujar Tutuka.

Harga gas alam. (Sumber: Bloomberg)


Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan revisi PoD Blok Masela –yang akan mencakup fasilitas penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon (CCUS)– akan selesai tahun ini.

INPEX  ingin memasukkan fasilitas CCUS untuk mengurangi emisi karbon dioksida proyek ladang gas alam Abadi.

Namun, pembangunan fasilitas CCUS akan menambah biaya lapangan gas, sehingga SKK Migas sebelumnya telah meminta Inpex untuk menurunkan biaya pembangunan fasilitas CCUS untuk menjaga nilai keekonomian proyek tersebut.

Dwi memperkirakan lapangan gas itu membutuhkan investasi tambahan US$1,2 miliar hingga US$1,4 miliar untuk mengembangkan fasilitas CCUS.

INPEX dan Shell sebelumnya setuju untuk membangun fasilitas LNG dengan kapasitas tahunan sebesar 9,5 juta ton dalam kontrak pemulihan biaya senilai sekitar US$20 miliar. Shell pada 2020 memutuskan untuk keluar dari proyek tersebut dengan menjual 35% sahamnya seharga US$2 miliar.

Upaya Shell untuk melakukan divestasi dari Blok Masela sejak itu berlarut-larut, sehingga menciptakan ketidakpastian seputar kelanjutan pengembangan lapangan Abadi yang menyimpan 360 miliar meter kubik gas.

(rez/wdh)

No more pages