Logo Bloomberg Technoz

Ambisi Toyota Tak Sekadar Membuat Kendaraan Listrik

News
22 May 2023 12:50

Mobil Toyota (Sumber: Bloomberg)
Mobil Toyota (Sumber: Bloomberg)

Craig Trudell - Bloomberg News

Bloomberg, Di saat Jepang menjadi tuan rumah G-7 yang digelar pada 19-21 Mei 2023, para CEO otomotif top negara tersebut menyampaikan satu misi yang kompak: totalitas untuk mengurangi emisi kabon, tak hanya berhenti sampai di teknologi baterai.

Ini adalah upaya yang dibuat oleh Akio Toyoda dari Toyota Motor Corp. selama bertahun-tahun. Hal tersebut membuatnya sakit hati karena Tesla Inc. dan BYD Co. lebih dahulu bergerak cepat dalam memproduksi kendaraan listik.

"Saya bicara yang sebenarnya," kata Toyoda dalam sambutan Tahun Baru terakhirnya kepada staf sebagai CEO. "Saya mengatakan hal-hal yang sudah jelas, dan justru ditolak mentah-mentah." 

Dua pekan kemudian, Toyoda mengumumkan ia mundur sebagai CEO dan menyerahkan posisinya kepada Koji Sato, yang pernah menjadi kepala Lexus. Namun, ia diminta untuk tetap menjabat sebagai ketua Asosiasi Pabrikan Otomotif Jepang (JAMA). Grup tersebut menggelar pameran bersamaan dengan KTT G-7 yang menyoroti bahan bakar hidrogen dan netral karbon, selain kendaraan listik.