Logo Bloomberg Technoz

Impor Batu Bara dari RI Lambat, Vietnam Lakukan Pemadaman Listrik

News
19 May 2023 19:30

Saluran listrik (Sumber: Bloomberg)
Saluran listrik (Sumber: Bloomberg)

Mai Ngoc Chau and Stephen Stapczynski - Bloomberg News

Bloomberg, Vietnam mulai merencanakan pemadaman listrik nasional di tengah kesulitan negara itu untuk memenuhi permintaan energi yang melonjak akibat cuaca panas yang ekstrem.

Gangguan bergulir pada pasokan listrik akan menyebar ke daerah-daerah di sebagian besar negara - termasuk ibu kota Hanoi - dan dapat berlanjut hingga akhir bulan, menurut pemberitahuan yang dikeluarkan oleh unit-unit lokal dari Vietnam Electricity Group yang dikelola negara. Pemadaman akan berlangsung hingga 7 jam di beberapa daerah.

Vietnam menghadapi defisit listrik di beberapa daerah hingga 25 Mei akibat meningkatnya konsumsi listrik di tengah gelombang panas yang parah. Tidak hanya itu,kekeringan yang terus berlangsung telah mengurangi tingkat air di waduk pembangkit listrik tenaga air, kata Perdana Menteri Pham Minh Chinh, Kamis.

Sebagian Asia telah dilanda suhu panas selama beberapa minggu terakhir dan menghadapi dampak lebih lanjut dari pola cuaca El Nino yang muncul, yang biasanya membawa cuaca yang lebih panas dan lebih kering ke benua itu.