Logo Bloomberg Technoz

Rumah tangga berpendapatan rendah di seluruh dunia merasakan beban inflasi, yang telah memaksa mereka membelanjakan sebagian besar pendapatan mereka untuk makanan dan perumahan, menurut Bank Dunia. Sementara itu, 500 orang terkaya di dunia telah menambahkan hampir US$600 miliar ke kekayaan gabungan mereka tahun ini, menurut Bloomberg Billionaires Index, dengan pendiri Meta Platforms Inc. Mark Zuckerberg mendapatkan keuntungan terbesar.

“Meningkatnya ketidaksetaraan secara global dapat membuat fokus yang lebih besar pada kelompok ini – terutama dalam pandangan untuk perpajakan yang lebih besar atas aset dan bahkan pengeluaran,” kata Flora Harley, mitra dalam tim riset Knight Frank, dalam sebuah pernyataan.

Jumlah global individu yang sangat kaya turun 3,8% pada tahun 2022 menjadi sekitar 580.000 setelah melonjak pada tahun sebelumnya. Namun, negara-negara Timur Tengah termasuk Uni Emirat Arab dan Arab Saudi mengalami peningkatan tahun lalu karena harga energi pulih kembali, menurut Knight Frank.

“Penurunan baru-baru ini akan terbukti berumur pendek saat kita beradaptasi dengan lingkungan ekonomi baru,” kata Liam Bailey, kepala penelitian global Knight Frank.

(bbn)

No more pages