Logo Bloomberg Technoz

Istana Sudah Kantongi Nama Menkominfo Pengganti Johnny G Plate

Sultan Ibnu Affan
18 May 2023 14:00

Menteri Kominfo Johnny G Plate (Biro Pers Kominfo)
Menteri Kominfo Johnny G Plate (Biro Pers Kominfo)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Setelah Johnny G Plate resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi paket 1—5 proyek pembangunan stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS), perwakilan Istana Kepresidenan mensinyalir telah mengantongi nama calon pengganti Johnny sebagai menteri komunikasi dan informatika (menkominfo). 

Atas sangkaan korupsi proyek Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika itu, pria asal Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut tengah menjalani penahanan di Rutan Salemba selama 20 hari ke depan, terhitung sejak Rabu (17/5/2023).

Terkait dengal hal tersebut, pihak Istana mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama pengganti Johnny di kursi Menkominfo. 

"Sudah ada [obrolan] itu. Presiden sudah kantongi [nama pengganti Johnny]. Dari tadi malam, sejak malam. Saya pikir semalam Presiden sudah menentukan," kata Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (18/5/2023).

Ngabalin mengatakan Kepala Negara akan segera mengumumkan pengganti Johnny. "Siang atau sore nanti kita tunggu, karena kebiasaan Jokowi itu enggak lama," imbuhnya.