Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Diundang Investasi Perusahaan Ban Terbesar Arab Saudi

Fransisco Rosarians Enga Geken
17 May 2023 19:45

Karyawan memeriksa ban mobil yang baru diproduksi di pabrik manufaktur Hankook Tire Co. Ltd. di Racalmas, Hungaria. (Akos Stiller/Bloomberg)
Karyawan memeriksa ban mobil yang baru diproduksi di pabrik manufaktur Hankook Tire Co. Ltd. di Racalmas, Hungaria. (Akos Stiller/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan ban terbesar di Arab Saudi, Kingdom Tyres mengundang sejumlah perusahaan ban Indonesia untuk ikut dalam pembangunan pabrik di Kota Industri Yanbu, Arab Saudi. Hal ini disampaikan CEO Kingdom Tyres, Sulton Alkahtani saat bertemu Atase Perdagangan KBRI Riyadh, Gunawan pada awal Mei lalu.

“Kerjasama  yang ditawarkan  Kingdom  Tyres  kepada  perusahaan  di Indonesia  yakni  suplai bahan baku,  tenaga  profesional,  dan tenaga  teknis  atau  operator,” kata Gunawan seperti dirilis Kementerian Perdagangan, Rabu (17/5/2023).

Menurut dia, Indonesia adalah salah satu negara pemasok utama produk ban ke Arab Saudi. Beberapa negara lain yang juga rutin mengekspor produk ban-nya ke negara Timur Tengah tersebut antara lain China, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat, dan Jerman.

Berdasarkan perhitungan dengan metode Compound Annual Growth Rate (CAGR), kebutuhan ban di kawasan Arab Saudi mencapai 35,70 juta unit pada 2022. Jumlah ini meningkat dari total kebutuhan pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang sama, total kebutuhan ban Arab Saudi pada 2021 mencapai 33,05 juta unit; pada 2020 sebanyak 30,6 juta unit; dan tahun 2019 sebanyak 28,48 juta unit.

“Ini artinya pertumbuhan permintaan produk ban mengalami peningkatan 8%  per tahun. Sehingga diperkirakan pada 2032, nilai kebutuhan ban Arab Saudi diprediksi melonjak menjadi 72,32 juta unit per tahun,” kata Gunawan.