Logo Bloomberg Technoz

Siapkan Serangan Balik Ukraina, Zelenskiy Berburu Bantuan Senjata

News
17 May 2023 08:43

Rishi Sunak dan Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)
Rishi Sunak dan Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ukraina tengah mencari pasokan senjata tambahan untuk mempersiapkan serangan balasan guna merebut kembali wilayah mereka yang diduduki oleh pasukan Rusia. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy telah melakukan kunjungan ke Prancis, Jerman, dan Inggris dalam beberapa hari terakhir. Turnya ke ibu kota negara-negara di Eropa itu adalah untuk membahas pasokan senjata dan berbicara dengan anggota NATO tentang masa depan negaranya dalam aliansi itu yang mereka harap akan rampung pada Juli, ketika aliansi itu bertemu di Vilnius, Lituania.

Dari tur itu, setidaknya Zelenskiy berhasil mengantongi komitmen dari beberapa negara. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pada Minggu (14/05/2023) lalu bahwa negaranya akan terus memberikan dukungan politik, keuangan, kemanusiaan, dan militer untuk Ukraina selama diperlukan.

Dalam beberapa minggu mendatang, Prancis akan melatih dan melengkapi beberapa batalion Ukraina dengan puluhan kendaraan lapis baja dan tank ringan, termasuk AMX-10RC. Prancis juga akan membantu mendukung kebutuhan pertahanan udara Ukraina untuk melindungi penduduknya dari serangan Rusia. 

Saat dikunjungi Zelenskiy di hari yang sama, Kanselir Jerman Olaf Scholz berjanji bahwa Jerman akan terus mendukung pemerintah di Kyiv dengan bantuan militer dan lainnya selama diperlukan.