Logo Bloomberg Technoz

Bank of England pada Kamis memberikan prospek yang lebih optimistis. BOE menghapus perkiraan resesi yang diperkirakan baru-baru ini pada Februari dan mengatakan menurut mereka ekonomi akan 2,3% lebih besar pada tahun 2026 daripada yang diperkirakan. 

Apa Kata Ekonom Bloomberg...

“Ketahanan harus berjalan. Satu-satunya faktor yang mencegah pertumbuhan ekonomi pada kuartal II adalah hari libur bank tambahan pada Mei untuk penobatan Raja Charles III, yang akan menyeret output ekonomi. Kami memperkirakan PDB akan tetap datar pada kuartal ini, tetapi pertumbuhan yang mendasarinya akan mengalahkan prospek itu — PMI bulan April, misalnya, konsisten dengan ekspansi triwulanan sebesar 0,5%."

—Ana Andrade dan Dan Hanson, ekonom Bloomberg.

Pemerintahan Perdana Menteri Rishi Sunak, yang menghadapi pemilu pada pertengahan tahun depan, mengatakan angka-angka tersebut melukiskan pandangan yang lebih cerah.

“Ini kabar baik bahwa ekonomi sedang tumbuh, tetapi untuk mencapai prioritas pertumbuhan, pemerintah kita harus tetap fokus pada pajak yang kompetitif, pasokan tenaga kerja dan produktivitas,” kata Menteri Keuangan Jeremy Hunt. 

Sektor jasa di Inggris (Sumber: Bloomberg)

Ketiga sektor utama ekonomi Inggris tumbuh pada kuartal pertama. Sektor jasa naik 0,1% pada kuartal didorong oleh peningkatan informasi dan komunikasi, dan kegiatan layanan administrasi dan dukungan. Konstruksi naik 0,7% dan manufaktur naik 0,5%. 

Angka Maret tertahan oleh tanda-tanda pelemahan yang meluas di sektor jasa, yang menyusut 0,5%, ritel mendorong penyusutan itu dengan penurunan 1,4%. Pertumbuhan terkuat adalah pada produksi industri.

ONS mengatakan pertumbuhan triwulanan juga tertahan oleh perselisihan industri yang terus berlanjut di Inggris dengan penurunan output di sektor pendidikan, kesehatan, dan transportasi dan pergudangan.

Investasi dalam pertumbuhan ekonomi Inggris (Sumber: Bloomberg)

YaelSelfin, kepala ekonom di KPMG UK, mengatakan ekonomi yang lebih lemah di bulan Maret menunjukkan bahwa ekonomi tetap rapuh meski harga energi turun, kondisi rantai pasokan membaik, dan kepercayaan konsumen memulih.

“Sementara resesi mungkin tidak lagi terjadi, kerentanan akibat biaya pinjaman yang lebih tinggi dan kredit yang lebih ketat kemungkinan akan mengurangi aktivitas bisnis dan rumah tangga tahun ini,” kata Selfin. 

--Dengan asistensi Elina Ganatra, Andrew Atkinson, Joel Rinneby, Mark Evans, dan Zoe Schneeweiss.

(bbn)

No more pages