Logo Bloomberg Technoz

Mengintip Tarif Yacht Pinisi Tempat Jokowi Menjamu Pemimpin ASEAN

Elisa Valenta
11 May 2023 11:05

Kapal Pinisi Labuan Bajo AYANA. (Dok. AYANA)
Kapal Pinisi Labuan Bajo AYANA. (Dok. AYANA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Selepas melakukan serangkaian pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan negara Iriana Jokowi mengajak para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya menikmati keindahan senja langit Nusa Tenggara Timur di atas kapal pesiar mewah.

Dari Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, para pemimpin ASEAN menaiki kapal pinisi Lako Di'a milik Hotel Ayana tempat para pimpinan delegasi ASEAN itu menginap.

Selama satu jam berlayar, sejumlah pemimipin ASEAN mengungkapkan antusiasmenya mengunjungi Labuan Bajo. Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos Jr., misalnya, mengaku bahwa kegiatan ini merupakan ide yang sangat baik untuk menjernihkan kembali pikiran selepas seharian bekerja.

“Seperti yang dijanjikan oleh Presiden Widodo adalah kita datang ke kapal dan kita tidak terlalu memikirkan ekonomi dan masalah, keamanan, dan itu benar sekali, itu ide yang sangat bagus untuk menjernihkan pikiran Anda jadi kembali ke bekerja dan menyegarkan,” ujar Presiden Filipina.

“Dan romantis!” tambah Ibu Louise Aranetta-Marcos yang berada di sampingnya.

Presiden RI Joko Widodo mengajak para pemimpin ASEAN menikmati suasana di atas kapal pinisi di perairan Pelabuhan Labuan Bajo ( Dok: Agus Suparto)