Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Beri Kejutan ke Pemimpin ASEAN, Sunset di Atas Pinisi

Ezra Sihite
11 May 2023 10:55

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta pemimpin ASEAN menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023). (Foto: Agus Suparto/Istana Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta pemimpin ASEAN menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023). (Foto: Agus Suparto/Istana Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin ASEAN menikmati pemandangan matahari terbenam di atas kapal pinisi di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kursi dan meja sengaja ditempatkan di bagian geladak kapal pinisi yang berlantai kayu jati cokelat serta dilengkapi pagar besi pengaman yang mengitari geladak. Tampak pula bahwa seluruh layar telah terlipat rapi ke tiang-tiang baja di geladak kapal. 

Susunan kursi dan meja itu sejatinya disediakan untuk tempat duduk para pemimpin pemerintahan negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN yang sedang melakukan serangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023). 

Kapal berwarna dasar putih ini memiliki nama Ayana Lako Di'a atau dalam bahasa masyarakat Manggarai, suku asli di Labuan Bajo yang artinya "semoga selamat di perjalanan". Kapal berukuran panjang 54 meter dan mulai dioperasikan oleh Ayana Komodo Resort pada Mei 2019 ini sejak Rabu pagi telah bersandar di dermaga Marina Waterfront Labuan Bajo, yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 22 Juli 2022 lalu. 

Kapal Pinisi Labuan Bajo AYANA. (Dok. AYANA)

Dilengkapi oleh sistem navigasi modern dan canggih, kapal itu dimanfaatkan sebagai sarana wisata para kepala negara ASEAN untuk menikmati suasana laut pesisir Kota Labuan Bajo di sore hari sambil menyaksikan matahari terbenam atau sunset. Ini disebut kejutan yang disiapkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menghormati para pemimpin kawasan.