Logo Bloomberg Technoz

Sekadar informasi, bank-bank komersial China memiliki kelonggaran dalam menentukan suku bunga sendiri sejak bank sentral menghapus kontrol langsung pada tahun 2005. Namun, PBoC tetap memiliki pengaruh yang besar dengan menetapkan batas atas dan batas bawah suku bunga melalui badan pengawas suku bunga.

Penyesuaian terbaru ini secara efektif akan menurunkan suku bunga deposito di bank-bank menengah dan kecil, tulis analis China Merchants Securities Co, Liao Zhiming  dalam sebuah laporan Kamis (11/5/2023). Ia menambahkan dampak kebijakan ini akan relatif terbatas pada bank besar.

Gedung Bank Sentral China atau People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Liao Zhiming mengatakan setelah kebijakan ini berlaku suku bunga tertinggi deposito empat Bank besar China adalah 1,25% dan 1,35% bank lainnya. Kebijakan bunga deposito baru ini mulai berlaku 15 Mei 2023.

Guotai Junan Securities Co. juga mengungkapkan hal yang sama. Dampak kebijakan ini kemungkinan akan terbatas karena sebagian besar bunga deposito bank masih berada di bawah batas yang baru.

Bank-bank di Tiongkok berada di bawah tekanan untuk mempertahankan profitabilitas karena pendapatan mereka terbebani oleh penurunan suku bunga dan dorongan pemerintah untuk memberikan bunga kredit murah kepada usaha kecil dan pembeli rumah.

(bbn)

No more pages