Logo Bloomberg Technoz

Taruh Rp10 Juta di Sukuk Tabungan, Bisa Untung Berapa?

Ruisa Khoiriyah
11 May 2023 10:31

Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)
Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah akan mulai menawarkan Sukuk Tabungan ST010 sebagai pilihan instrumen investasi syariah bagi para pemodal ritel atau pemula dengan modal investasi kecil mulai Rp1 juta.

Sukuk tabungan ST010 ini mulai ditawarkan Jumat esok 12 Mei hingga 31 Mei. Investor yang berminat menginvestasikan dana di Surat Berharga Negara Syariah (SBSN) ritel ini bisa menempatkan investasi melalui mitra distribusi (Midis) yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. 

Sejauh ini ada 32 mitra distribusi yang bisa didatangi oleh investor yang tertarik ingin berinvestasi di SBN syariah ritel itu, terdiri atas 20 bank, 6 sekuritas dan 6 fintech

Sukuk tabungan adalah SBN ritel ketiga yang ditawarkan oleh pemerintah pada 2023 ini setelah Saving Bond Ritel seri SBR012 pada Februari lalu yang diserbu peminat hingga Rp22,18 triliun, lalu disusul Sukuk Ritel SR018 pada Maret yang berhasil menarik dana investasi sebesar Rp21,49 triliun.

Disebut sebagai SBN ritel karena Sukuk Tabungan ini memungkinkan para investor pemula atau yang memiliki modal pas-pasan untuk ikut berinvestasi yaitu mulai Rp1 juta hingga Rp10 miliar.

Simulasi Kupon