Logo Bloomberg Technoz

Sukuk Tabungan ST010 Beri Kupon 6,40%, Begini Cara Investasinya

Ruisa Khoiriyah
11 May 2023 09:20

Ilustrasi investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)
Ilustrasi investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kabar gembira bagi para investor ritel yang tengah mencari instrumen untuk membiakkan duit agar berkembang dan tangguh melawan inflasi. Salah satu instrumen investasi ritel, Sukuk Tabungan yang diterbitkan oleh pemerintah akan kembali ditawarkan mulai 12 Mei atau Jumat pekan ini hingga 31 Mei nanti.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan RI menyatakan, sukuk tabungan seri ST010 itu akan ditawarkan dalam dua tranches atau cabang yang dibedakan berdasarkan tenor atau jangka waktu surat utang syariah tersebut. 

Terdiri atas, ST010 tenor 2 tahun atau ST010-T2 yang memberikan imbal hasil alias kupon tetap sebesar 6,25%. Lalu, ST010 tenor 4 tahun atau ST010-T4 yang memberikan imbal hasil tetap 6,4% per tahun. Seri terakhir itu juga disebut Green Sukuk Ritel. 

Kementerian Keuangan RI menjelaskan, tingkat imbal hasil produk investasi ritel itu memakai skema floating with floor atau mengambang dengan batas minimal tingkat kupon.

Tingkat kupon Sukuk Tabungan dari tahun ke tahun (Bloomberg Technoz)

Artinya, bila di perjalanan sebelum jatuh tempo terjadi kenaikan tingkat bunga acuan BI7DRR, maka tingkat kupon sukuk tabungan itu akan disesuaikan. Sebaliknya, bila ada penurunan tingkat bunga acuan Bank Indonesia, maka tingkat kupon sebesar 6,25% dan 6,40% menjadi besar return minimal yang diberikan.