Logo Bloomberg Technoz

Bill Ackman Peringatkan Bank Daerah di AS Hadapi Risiko Besar

News
04 May 2023 09:50

Bill Ackman, CEO Pershing Square (Sumber: Bloomberg)
Bill Ackman, CEO Pershing Square (Sumber: Bloomberg)

Natalie Choy - Bloomberg News - 

Bloomberg, Sistem perbankan regional di Amerika Serikat dinilai tengah berada dalam risiko dan kegagalan regulator memperbarui dan memperluas jangkauan penjaminan telah “memukul lebih banyak paku di peti mati”, demikian kata Bill Ackman dari Pershing Square dalam cuitan di akun Twitter pribadi.

“Sistem perbankan daerah terancam ambruk. Akhir pekan yang buruk bagi para deposan Silicon Valley Bank (SVB) telah membangunkan para deposan bank yang belum mendapatkan penjaminan simpanan di mana-mana. Kenaikan bunga yang cepat telah merusak aset dan mengeringkan simpanan perbankan. Menghilangkan pemegang saham dan pemegang obligasi secara besar-besaran dan meningkatkan biaya modal bank. Kerugian CRE membayangi…"

Bill Ackman (@BillAckman) 3 Mei 2023

First Republic Bank adalah kegagalan bank terbesar kedua dalam sejarah Amerika dan menjadi bank regional keempat yang runtuh sejak awal Maret lalu setelah SVB, Silvergate dan Signature Bank.

JPMorgan Chase & Co mengakuisisi First Republic pada Senin lalu mengalahkan saingan yang juga berminat termasuk PNC Financial Services Group Inc.

Investor kawakan yang juga tercatat sebagai miliarder itu mengatakan First Republic tidak akan gagal jika Federal Deposit Insurance Corp. untuk sementara menjamin simpanan sementara rezim baru dibuat. “Sebaliknya, kami menyaksikan domino jatuh dengan biaya sistemik dan ekonomi yang besar,” kata Bill Ackman.