Logo Bloomberg Technoz

Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Berada di Level Tertinggi

Sultan Ibnu Affan
03 May 2023 20:20

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam beberapa survei belakangan ini, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mengalami peningkatan. Pada rilis survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) pada Minggu (30/5/2023), tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai 78,5%, atau tertinggi dalam 9 tahun terakhir.

"Kali ini adalah rekor tertinggi approval Presiden Jokowi," kata Direktur Eksekutif IPI, Burhanudin Muhtadi dalal paparannya pada saat itu.

Menurutnya, salah satu aspek yang membuat tingkat kepercayaan publik tinggi terhadap Presiden Jokowi yaitu keberhasilan pemerintah dalam menekan angka inflasi.

Survei ini berjudul 'Korelasi antara Approval Rating Presiden dan Dukungan atas Capres dan Partai Jelang 2024'. Adapun metode yang digunakan dalam survei ini yaitu simple random sampling. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilu atau sudah berusia di atas 17 tahun. 

Sementara itu, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Survei dilakukan pada 11 - 17 April 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Adapun metode yang digunakan simple random sampling dengan ukuran sampel 1.220 responden dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.