Logo Bloomberg Technoz

IMF Sebut Kenaikan Bunga Acuan Agresif Picu Kerentanan Perbankan

News
02 May 2023 11:30

Managing Director IMF Kristalina Georgieva (Sumber: Bloomberg)
Managing Director IMF Kristalina Georgieva (Sumber: Bloomberg)

Eric Martin, Enda Curran - Bloomberg News

Bloomberg - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan kebijakan menaikkan suku bunga acuan secara agresif mengekspose kerentanan di sektor perbankan. Ia juga meminta juga mengingatkan industri perbankan perlu mewaspadai risiko-risiko tambahan.

“Para pemimpin industri [sektor keuangan] perlu mengantisipasi guncangan dan siap untuk bertindak ketika hal itu terjadi, sebab guncangan itu akan datang,” ungkap Kristalina Georgieva dalam sebuah wawancara dengan Stephanie Flanders, kepala bidang ekonomi dan pemerintahan di Bloomberg News, di Milken Institute Global Conference di Beverly Hills, California.

"Apa yang telah kita alami dalam beberapa tahun terakhir ini merupakan serangkaian peristiwa yang tidak terpikirkan sebelumnya," ujar  Kristalina Georgieva. "Pandemi, perang di Ukraina, lonjakan suku bunga [acuan] yang cepat setelah bertahun-tahun berada di level rendah."

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva (Sumber: Bloomberg)

Komentar Kristalina Georgieva pada Senin (1/5/2023) ini muncul ketika regulator AS melanjutkan upaya menopang sektor perbankan yang telah terguncang karena kebijakan agresif Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga acuan dan penarikan dana masyarakat dari bank secara besar-besaran.