Logo Bloomberg Technoz

Puan Klaim DPR Perjuangkan Buruh, Tapi Buruh Justru Kritik DPR

Whery Enggo Prayogi
01 May 2023 11:15

Buruh melakukan aksi demo saat peringatan hari Buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (1/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Buruh melakukan aksi demo saat peringatan hari Buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (1/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan wakil rakyat berupaya memperjuangkan aspirasi buruh, lewat fungsi yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Lewat kerja DPR, Puan berharap para buruh di Indonesia memperoleh manfaat yang besar. Meski demikian kalangan buruh justru menyatakan mosi tidak percaya kepada DPR.

“Setiap masukan dan koreksi akan memberikan energi kepada DPR agar selalu bekerja memperjuangkan kesejahteraan rakyat, termasuk para buruh," kata Puan dalam rilis yang diterima, Senin (1/5/2023).

Ia menyatakan, lewat fungsi legislasi dan anggaran, serta pengawasan yang dilakukan DPR, para buruh bisa makin sejahtera.

Puan percaya diri perekonomian Indonesia akan membaik hingga berdampak bagi buruh. “Perekonomian Indonesia mulai bangkit kembali. Ini akan menjadi momentum untuk memperbaiki kesejahteraan buruh dan buruh pun bisa ikut berperan dalam pemulihan perekonomian negara,” ucap anak Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum PDI Perjuangan itu.

Namun Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal justru menyatakan wakil rakyat tidak memihak kepada buruh. Dalam peringatan May Day 2023 pada hari ini, salah satu protes mereka adalah Rancangan Undang-Undang Kesehata (RUU).