Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah, lanjutanya, tengah menghitung berapa masa perpanjangan IUPK yang layak untuk Freeport, dengan mempertimbangkan potensi cadangan mineral yang masih ada hingga 2035. Sejalan dengan itu, opsi mengakuisisi lebih banyak saham Freeport untuk dilimpahkan kepada badan usaha milik negara (BUMN) pun menyeruak.

“Apalagi sekarang di Freeport itu, saham [Pemerintah Indonesia] sudah 51%. Jadi dalam negosiasi sekarang, kalau kita bisa tambah lagi [porsi saham pemerintah sebesar] 10%, itu sudah bisa menjadi 60%. Kita lagi meminta kepada Freeport supaya penambahan [saham] itu kalau bisa tidak dihitung valuasinya. Dengan kata lain, kita lagi membicarakan untuk semurah mungkin [mengakuisisi saham PTFI] agar BUMN atau negara bisa mengambil [alih saham Freeport],” ungkapnya, tanpa bersedia mengelaborasi lebih detail lantaran proses negosiasi masih berlangsung.

Ilustrasi PT Freeport Indonesia (Dok. PT Freeport Indonesia)


PT Freeport Indonesia (PTFI) mengaku hingga saat ini belum menerima konfirmasi langsung dari pemerintah perihal pelonggaran larangan ekspor konsentrat bijih tembaga dari tenggat 10 Juni 2023 menjadi medio 2024, demikian juga soal perpanjangan IUPK setelah 2041.

Hal itu diutarakan oleh Vice President Corporate Communication Freeport Indonesia Katri Krisnati saat dimintai konfirmasi oleh Bloomberg Technoz.

“Kami belum menerima konfirmasi resmi dari pemerintah perihal izin ekspor konsentrat tembaga. Jika keputusan tersebut diberikan, kami sangat mengapresiasi dukungan pemerintah untuk memastikan kontinuitas operasional tambang yang secara teknis sangat dibutuhkan dan keberlanjutan investasi yang akan berdampak signifikan bagi ekonomi Indonesia khususnya masyarakat Papua,” tegasnya, Jumat (28/4/2023). 

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia dikabarkan melunak dalam menerapkan tenggat larangan ekspor konsentrat tembaga pada 10 Juni 2023. Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo akhirnya membolehkan PTFI dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara untuk tetap mengekspor konsentrat hingga pertengahan 2024.

Kabar itu diungkapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Jumat (28/4/2023). Menurutnya, kelonggaran yang diberikan kepada PTFI dan Amman Mineral mempertimbangkan faktor pandemi Covid.

Keadaan kahar tersebut menyebabkan proses penghiliran tembaga melalui investasi fasilitas pemulihan konsentrat (smelter) tidak berjalan sesuai rencana, sehingga pelaku industri belum siap untuk menyetop ekspor konsentratnya per medio tahun ini. 

Menyitir laporan PTFI, per kuratal I/2023, perusahaan mengucurkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekira US$0,3 miliar untuk pembangunan smelter di Manyar, Gresik, Jawa Timur dan fasilitas pemurnian logam mulia (PMR).

Adapun, total investasi PTFI untuk proyek smelter Manyar ditaksir mencapai US$3 miliar, dengan target beroperasi pada 2024. Fasilitas pemurnian tersebut digadang-gadang sebagai smelter tembaga terbesar dunia dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton konsentrat per tahun untuk menghasilkan 600 ribu ton katoda per tahun.

Menurut catatan Kementerian ESDM, hingga saat ini konstruksi smelter PTFI baru sekitar 60% dengan progres investasi 62,5% atau sekira US$1,5 miliar.

(wdh)

No more pages