Logo Bloomberg Technoz

AC Pesawat Mati Lagi, Penerbangan Lion Air Delay 3 Jam

Elisa Valenta
20 April 2023 13:15

Ilustrasi Lion Air. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Lion Air. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-627 rute Makassar-Balikpapan terpaksa harus menunda keberangkatannya lantaran terjadi kerusakan pada sistem pendingin udara di dalam pesawat. Pesawat jenis Boeing 737-800NG itu sedianya berangkat pada Rabu (19/4/2023) pukul 08.45 WITA, namun baru bisa terbang pada pukul 11.20 WITA.

Dalam keterangan resminya, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan ketika pesawat yang dioperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LJQ bersiap untuk didorong mundur (push back), pilot menemukan ada indikasi sistem pendingin udara tidak bekerja secara maksimal, yang berdampak suhu di dalam kabin pesawat tidak sebagaimana semestinya.

Pada situasi tersebut, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan penerbangan dan meminta penumpang agar diturunkan kembali menuju ruang tunggu bandar udara. Pengecekan dan perbaikan sistem pendingin udara ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit yang dilakukan oleh teknisi Lion Air.

Setelah sistem pendingin udara pesawat dinyatakan telah berfungsi dengan baik oleh teknisi pesawat dan dilakukan pengecekan oleh pilot, maka pesawat siap dioperasikan (diterbangkan) kembali.

"Lion Air member of Lion Air Group menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang penerbangan nomor JT-672 dengan jadwal keberangkatan 08.45 WITA rute Makassar (UPG) ke Balikpapan (BPN) pada Rabu (19/ 04) karena adanya kendala pada sistem pendingin udara di pesawat," ujar Danang dikutip Kamis (20/4/2023).