Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Indonesia dan Ceko Kembangkan Alutsista Rudal ADS 400

Fransisco Rosarians Enga Geken
19 April 2023 22:00

Perwakilan Czechoslovak Group dan Republikorp Indonesia menandatangani kesepakatan pengembangan ADS-400. (Dok. Republikorp Indonesia)
Perwakilan Czechoslovak Group dan Republikorp Indonesia menandatangani kesepakatan pengembangan ADS-400. (Dok. Republikorp Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah pengusaha asal Kota Praha ikut dalam kunjungan kerja Perdana Menteri Republik Ceko, YM Petr Fiala menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Indonesia. Para pengusaha ini kemudian mengikuti acara Indonesia-Czech Business Forum 2023 yang digelar di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (18/4/2023). 

Dalam acara tersebut, pengusaha Ceko dari Czechoslovak Group melakukan perpanjangan kerja sama dengan perusahaan Indonesia, Republikorp Indonesia dalam rencana pengembangan alutsista atau alat utama sistem senjata. Di hadapan YM Petr Fiala, kedua perusahaan menandatangani Strategic cooperation agreement dalam joint-production Kompleks Rudal Pertahanan Udara Jarak Menengah ADS-400.
 
“Kerjasama ini semakin hari semakin strategis, sebagai wujud persahabatan kami yang tulus dengan Republik Indonesia, kami akan terus membesarkan nya” papar Milos Sivara, CEO dari Excalibur International, anak perusahaan Czechoslovak Group yang bergerak pada bidang eksportir teknologi pertahanan dari Republik Ceko.

Proyek ADS-400 sendiri adalah kompleks rudal pertahanan udara. Alutsista ini memiliki kelengkapan senjata seperti rudal, peluncur, dan radar. Alutsista ini mampu melindungi sebuah wilayah dari serangan pesawat udara generasi ke lima, helicopter, rudal jelajah, dan unmanned aerial vehicle (UAV) atau pesawat nirawak.

Alat pertahanan udara ini memiliki jangkauan deteksi hingga 470 km dengan jangkauan serangan rudal hingga 100 km. Sistem rudal teranyar ini dikembangkan oleh Roketsan, Turki dan Retia, dan Republik Ceko.  Mereka menggaet Republikorp Indonesia sebagai mitra industri dalam negeri untuk kerja sama produksi dan integrasi lokal.