Logo Bloomberg Technoz

Mudik Pakai Mobil Listrik, Catat 14 Rest Area yang Sediakan SPKLU

Krizia Putri Kinanti
12 April 2023 21:24

Aktivitas pengisian daya mobil listrik. (Dok ilustrasi/Bloomberg)
Aktivitas pengisian daya mobil listrik. (Dok ilustrasi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah mengantisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik selama Lebaran tahun ini dengan menyediakan titik pengisian kendaraan listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah tempat peristirahatan (rest area) jalan tol.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, pada mudik Lebaran 2023 ini sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bersama mitra terkait telah menyiapkan SPKLU di 14 titik rest area.

"Kami sebagai regulator penyelenggaraan layanan jalan tol tentunya menyambut positif inisiatif BUJT bersama mitra terkait. Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik," ujarnya dikutip dari pernyataan resmi, Rabu (12/4/2023).

Endra menerangkan saat ini SPKLU yang tersedia berjumlah 14 unit dan tersebar di beberapa ruas tol, yakni ruas tol Jakarta - Merak di rest area KM 13A, ruas tol Trans Jawa (Jakarta - Cikampek - Semarang -  Solo - Surabaya hingga Probolinggo) yang terletak di rest area KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan rest area KM 695A. 

Sedangkan dua titik SPLKU lainnya berada di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) pada Rest Area KM 10A arah Bogor dan rest area KM 21B arah Jakarta.