Logo Bloomberg Technoz

Perputaran Ekonomi Musim Libur Lebaran Ditaksir Rp100-150 T

Ezra Sihite
12 April 2023 10:57

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa momentum libur Lebaran akan menggerakkan ekonomi yang cukup besar. Dia mengatakan, pergerakan masyarakat pada Lebaran diprediksi mencapai 123,8 juta orang. 

Oleh karena itu Sandi menargetkan 25% dari target pergerakan wisatawan nusantara tahun ini yakni sebesar 300-350 juta. Seperempat pergerakan tersebut akan dapat tercapai pada musim libur Lebaran. Target perputaran ekonomi karena itu juga tak main-main.

"Target perputaran ekonomi (libur Lebaran) Rp100-150 triliun,” kata Sandiaga Uno dikutip dari kanal YouTube Kemenparekraf yang dikutip pada Rabu (12/4/2023).

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif karena itu harus mampu mengantisipasi lonjakan pengunjung yang diprediksi terjadi di berbagai destinasi pariwisata. Destinasi tersebut antara lain Puncak Bogor, Cipanas, Cianjur, Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Ciwidey. Kemudian ada juga Dieng, Batu Raden, Bandungan Semarang, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan beberapa destinasi lainnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta juga Gunung Bromo, Wisata Jatim Park dan Taman Kebun Binatang Batu di Jawa Timur.

"Ini yang harus kita pastikan agar tidak membludak dan pelayanannya lebih baik, lebih cepat, lebih nikmat dan tentunya dengan harga yang tepat. Mari kita gunakan kesempatan ini untuk menghadirkan suatu proses mudik yang aman, lancar dan juga smooth,” kata dia.