Logo Bloomberg Technoz

Perputaran Fulus di Periferi Sepak Bola Nasional

Ezra Sihite
10 March 2023 14:36

the Jakmania. (Tangkapan layar via website persija.id)
the Jakmania. (Tangkapan layar via website persija.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Momen laga tandang klub bola Persija Jakarta ke Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Desember 2018 tidak akan pernah lekang dari ingatan Diky Soemarno. 

Ketua Umum ikatan penggemar Persija yakni The Jakmania itu langsung bersemangat menceritakan tingginya militansi kelompok suporter Persija. Setidaknya ada 1.000 orang bepergian dengan pesawat demi menyaksikan Macan Kemayoran, sebagaimana julukan Persija saat menghadapi Bali United pada pekan ke-33 Liga 1 saat itu.

Berbagai macam moda transportasi mulai dari pesawat, bus, kereta serta kapal laut bak diserbu ribuan The Jakmania lima tahun silam. Mereka ingin memompa motivasi anak-anak asuh Stefano Cugurra, pelatih Persija kala itu agar bisa mengamankan tiga poin sekaligus mengunci gelar juara Liga 1. Total jumlah The Jakmania yang memadati Pulau Dewata diperkirakan bahkan mencapai 10 ribu orang. 

"Kalau Rp 2 juta untuk tiket pesawat PP saja jadinya bisa miliaran (rupiah)," kata Diky saat berbincang-bincang dengan Bloomberg Technoz, Kamis (9/3/2023). 

Perputaran uang yang dihasilkan bisa dibayangkan sangatlah besar. Apalagi potensi pasar penggemar sepak bola di Indonesia termasuk mereka yang terlibat dalam bisnis terkait disinyalir mencapai lebih dari 200 juta orang. Angka ini lebih dari 70% total penduduk negara dan merupakan yang terbesar keempat di dunia.