Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Siapkan Bansos Ayam dan Telur kepada 1,4 Juta Keluarga

Rezha Hadyan
06 April 2023 16:27

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) pangan berupa daging ayam ras dan telur ayam untuk masyarakat miskin. Program ini menjadi bagian dari upaya pemerintah menyelesaikan kasus stunting atau terganggunya pertumbuhan anak akibat masalah gizi kronis.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan, penyaluran bansos pangan tersebut akan dilakukan paling lambat pekan ketiga April 2023. Bansos pangan ini pun akan disalurkan secara langsung ke alamat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau door-to-door.

“Kami usahakan, dalam pekan kedua atau ketiga April 2023 ini sudah bisa dijalankan. Sebelum Lebaran tahun ini sudah akan dimulai [penyalurannya]," kata Arief ketika ditemui wartawan di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023).

Setiap KPM, menurut dia, akan memperoleh 1 Kg daging ayam dan belasan telur ayam. Paket yang dikemas dalam kotak plastik khusus ini akan dikirimkan setiap bulan. Bansos pangan ini akan berlangsung selama tiga bulan berturut-turut.

Saat ini, kata Arief, pemerintah tengah menyiapkan regulasi untuk menyalurkan bansos pangan berupa daging ayam ras dan telur ayam. Dalam aturan tersebut, pemerintah akan memberikan petunjuk pelaksanaan agar bansos pangan ini tepat sasaran.