Logo Bloomberg Technoz

Bansos Pangan Jelang Ramadan, BKKBN Ikut Menyalurkan

Rezha Hadyan
09 March 2023 20:31

Ilustrasi Daging Ayam (kemendag.go.id)
Ilustrasi Daging Ayam (kemendag.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) pangan kepada warga miskin jelang Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Sekretaris Umum Badan Pangan Nasional (Bapanas) Sarwo Edy menyebut BKKBN dilibatkan untuk menentukan Rumah Tangga Sangat Miskin (RSTM) penerima bantuan daging ayam ras dan telur. Penerima bantuan dua sumber protein itu jumlahnya akan berbeda dengan jumlah penerima bantuan beras.

"Mengapa dari BKKBN? Karena untuk menurunkan angka stunting. Karena itu kan [sumber] protein," katanya kepada Bloomberg Technoz di Jakarta pada Kamis (9/3/2023).

Edy menjelaskan jumlah rumah tangga penerima bantuan daging ayam ras dan telur sebanyak 2,06 juta rumah tangga atau kartu keluarga (KK). Adapun jumlah penerima bantuan beras mencapai 21,3 juta KK dan hal itu berdasarkan data peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos).

"Untuk beras itu lebih kurang ada 21,3 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Beras 10 kg setiap bulannya akan diberikan kepada mereka selama Maret, April, Mei 2023. Nilai rupiahnya keseluruhan Rp7,8 triliun," ungkapnya.