Logo Bloomberg Technoz

BI Serap US$56 juta dari Lelang DHE Awal April

Elisa Valenta
05 April 2023 10:01

Ilustrasi dolar AS dan rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi dolar AS dan rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Setelah gagal menarik penawaran tunggal minggu lalu, Bank Indonesia (BI) berhasil menyerap US$56,5 juta dari lelang Term Deposit Devisa Hasil Ekspor (DHE) hingga Selasa (4/5/2023).

Ini merupakan penempatan dolar tertinggi dalam empat lelang. Kemarin, eksportir setidaknya telah menempatkan US$26,5 juta dalam bentuk deposit 3 bulan, setelah sebelumnya hampir semua penawaran ditempatkan dalam fasilitas bertenor 1 bulan.

Rate transaksi Devisa Hasil Ekspor (DHE) Bank Indonesia dengan Agent Bank(Sumber: Bank Indonesia)

BI diketahui telah menaikkan suku bunga fasilitas DHE untuk menarik eksportir, dengan fasilitas 1 bulan dan 3 bulan sekarang menghasilkan masing-masing 4,87% dan 5,09%, meningkat dibandingkan dengan 4,64% dan 4,92% saat pertama kali diperkenalkan. Hal ini sejalan dengan tren regional termasuk di Singapura, yang bank-banknya juga menaikkan suku bunga deposito valas meskipun imbal hasil dolar AS stabil.

Nilai tukar rupiah semakin perkasa ke posisi Rp 14.888 per dolar AS, pada Senin kemarin. Rupiah bersama baht Thailand memimpin penguatan mata uang emerging market Asia.