Logo Bloomberg Technoz

Mudik ke Sumatera Tak Cuma Lewat Merak, Menhub Siapkan Ciwandan

Yunia Rusmalina
04 April 2023 20:15

Penumpang kereta api jarak jauh (Sumber: Dok. PT KAI)
Penumpang kereta api jarak jauh (Sumber: Dok. PT KAI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Untuk persiapan mudik menuju pulau Sumatera, Kementerian Perhubungan telah mempersiapkan Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, sebagai aktisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak.

Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi menerangkan, terdapat lima dermaga yang telah disiapkan di Pelabuhan Ciwandan. Sedangkan Pelabuhan Merak sebanyak tujuh dermaga. Diharapkan konsentrasi pemudik akan terbagi ke dua titik, Merak dan Ciwandan. 

Kini pihaknya masih terus melakukan perbaikan pada Pelabuhan Ciwandan.  Kemenhub juga terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder, seperti ASDP, Korlantas, dan Kementerian PUPR.

“Yang menjadi  berita baik adalah Ciwandan menjadi penambah tol Merak karena tol Merak memiliki  tujuh pelabuhan dan Ciwandan sebanyak lima pelabuhan sehingga tidak akan penumpukan,” kata Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Selasa (4/4/2023). Besar kemungkinan Pelabuhan Ciwandan milik PT Pelindo II (Persero) akan dikonsentrasikan untuk pemudik yang menggunakan motor.

Lebih lanjut, Budi Karya Sumadi memperkirakan akan terjadi peningkatan 45,8% jumlah masyarakat yang mudik pada tahun ini. Sebanyak 123 pemudik akan bergerak menuju kampung halaman.