Logo Bloomberg Technoz

BMKG Minta Pemudik Waspadai Hujan Deras di 6 Wilayah

Yunia Rusmalina
04 April 2023 23:50

Ilustrasi: DKI Jakarta diprediksi akan diguyur hujan hingga malam hari. (Dok. Pexels)
Ilustrasi: DKI Jakarta diprediksi akan diguyur hujan hingga malam hari. (Dok. Pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada enam daerah yang akan diguyur hujan dengan intensitas lebat pada saat puncak arus mudik tanggal 19-21 April 2023. BMKG meminta para pemudik mewaspadai keenam daerah itu yakni Aceh, Palembang, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Papua. 

"Yang perlu diwaspadai yang warna merah, yaitu potensi hujan dengan intensitas lebat melampaui 50 mm-100 mm, terutama untuk wilayah di Aceh, kemudian di situ Palembang, kemudian juga di Jabar, serta di Kaltim, dan Sulawesi Utara, dan juga di Papua," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Selain daerah berwarna merah, pemudik juga diminta mewaspadai wilayah berwarna kuning yaitu beberapa tempat di Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah. Meski diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang, wilayah tersebut memiliki kondisi lahan yang berpotensi bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi.

"Tadi saya dengar paparan Bapak Menhub, terutama di Jateng, Jatim, Pansela (pantai selatan Jawa), itu juga berpotensi (hujan dengan intensitas sedang). Kemudian, juga di beberapa provinsi di Sulawesi. Hampir seluruh provinsi. Kemudian di Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah. Juga di Ambon dan Papua Barat," kata Dwi.

Selain membahas potensi hujan saat arus mudik, ia juga memaparkan prakiraan cuaca saat Lebaran pada 22-28 April mendatang. Beberapa daerah berwarna merah jumlahnya tidak terlalu berbeda dengan saat arus mudik.