Logo Bloomberg Technoz

FAA Selidiki Latihan Pilot Cathay, Ada Insiden Tak Dilaporkan

News
11 June 2024 21:00

Armada pesawat Cathay Pacific. (Dok: Bloomberg)
Armada pesawat Cathay Pacific. (Dok: Bloomberg)

Danny Lee dan Ryan Beene - Bloomberg News

Bloomberg, Regulator keselamatan penerbangan Amerika Serikat (AS), Federal Aviation Administration (FAA), sedang menyelidiki dugaan insiden latihan yang dialami pilot yang menjadi peserta pelatihan Cathay Pacific Airways Ltd di sebuah sekolah penerbangan AS. Insiden tersebut diduga tidak dilaporkan dengan benar.

FAA mengeluarkan pernyataan kepada Bloomberg pada Jumat (07/06/2024) yang menyebutkan sedang menyelidiki dugaan insiden tersebut. Namun, FAA tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sebelumnya, Pusat Pelatihan Penerbangan AeroGuard yang berbasis di Phoenix, Arizona, menangguhkan semua penerbangan solo untuk siswa pilot Cathay Pacific. 

Penundaan ini diambil setelah sekolah penerbangan tersebut melihat "peningkatan insiden solo yang mengkhawatirkan" selama pelatihan, termasuk insiden yang mengakibatkan kerusakan pesawat dan tidak dilaporkan oleh siswa pilot. Keputusan penghentian penerbangan solo ini telah dikomunikasikan kepada siswa pilot Cathay Pacific melalui memo, yang sebelumnya dilaporkan oleh Bloomberg.