Logo Bloomberg Technoz

Wabah Flu Burung di Australia, Supermarket Batasi Pembelian Telur

News
11 June 2024 16:20

Telur ayam. (Sumber: Bloomberg)
Telur ayam. (Sumber: Bloomberg)

Keira Wright - Bloomberg News

Bloomberg, Jaringan supermarket besar Australia, Coles Group Ltd, mengumumkan akan membatasi pembelian telur. Keputusan ini dibuat setelah muncul kekhawatiran adanya kekurangan telur akibat upaya pemerintah menanggulangi penyebaran virus flu burung.

Pelanggan di semua negara bagian kecuali Australia Barat dibatasi untuk membeli maksimal dua karton telur per hari, demikian kata Coles dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini diambil setelah jenis virus flu burung H7N3 yang sangat patogen terdeteksi di peternakan kelima di Victoria minggu lalu. Menurut laporan Australian Broadcasting Corp, lebih dari setengah juta ayam telah dimusnahkan di negara bagian itu dan sekitar 450.000 telur dihancurkan setiap hari untuk menahan penyebaran virus.

Zona karantina telah dibentuk untuk membatasi pergerakan unggas, pakan, dan peralatan di dekat peternakan yang terinfeksi setelah kasus pertama terdeteksi bulan lalu. Pekan lalu, seorang pria di Meksiko meninggal setelah tertular flu burung H5N2 - jenis virus yang belum pernah dikonfirmasi pada manusia sebelumnya.