Logo Bloomberg Technoz

Mahasiwa Cemas UKT Batal Naik Cuma Gimik: Masih Ada Akar Masalah

Redaksi
30 May 2024 09:20

Ilustrasi kuliah. Mahasiswa meminta publik tidak terlena dengan kebijakan pemerintah yang membatalkan kenaikan UKT. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kuliah. Mahasiswa meminta publik tidak terlena dengan kebijakan pemerintah yang membatalkan kenaikan UKT. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kalangan mahasiswa tidak terlalu semringah merespons kebijakan pemerintah yang membatalkan kenaikan uang kuliah tunggal atau UKT.

Mahasiswa meminta publik tidak terlena dengan kebijakan pembatalan UKT yang dianggap cuma sementara.

"Akar masalahnya belum dicabut, yaitu Permendikbudristek Nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar BOP Perguruan Tinggi, dan Kepmendikbudristek Nomor 54 Tahun 2024 yang mengatur tentang besaran standar tersebut (UKT)," ungkap Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HMIP) Universitas Indonesia (UI) Muhammad Rihandi, Rabu (29/5/2024).

Rihandi mengingatkan agar mahasiswa dan masyarakat jangan terlena dengan pembatalan kenaikan UKT. Penundaan UKT, kata dia, sangat mungkin bersifat sementara dan kembali dinaikkan sewaktu-waktu.

“Pemerintah harus bisa memastikan bahwa kenaikan UKT benar-benar dibatalkan bukan hanya saat hari ini, tapi juga di kemudian hari dalam kepemimpinan nasional periode 2024-2029 mendatang,” kata Rihandi.