Logo Bloomberg Technoz

Afrika Selatan Desak ICJ Hentikan Israel Hancurkan Gaza

News
17 May 2024 12:45

Warga Palestina mengungsi jelang operasi militer oleh Israel di Rafah, Gaza, Senin (6/5/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina mengungsi jelang operasi militer oleh Israel di Rafah, Gaza, Senin (6/5/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Hugo Miller dan Sarah Jacob - Bloomberg News

Bloomberg, Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ) harus mengambil tindakan yang lebih berani untuk membuat Israel melindungi warga sipil di Gaza, menurut Afrika Selatan, yang telah membawa kasus genosida ke pengadilan PBB.

"Poin penting hari ini adalah bahwa tujuan Israel untuk menghancurkan Gaza dari peta sedang terpenuhi," kata Vaughan Lowe, seorang pengacara yang mewakili Afrika Selatan, dalam sidang di pengadilan di Den Haag pada Kamis (16/05/2024). “Pengadilan bukannya tidak berdaya, dan Afrika Selatan menyatakan bahwa mereka harus melakukan sesuatu untuk menegaskan otoritasnya sendiri dan juga otoritas hukum internasional.”   

Afrika Selatan bulan ini meminta perintah mendesak dari pengadilan untuk meminta perlindungan bagi warga Palestina di Gaza dari "kerusakan lebih lanjut, parah dan tidak dapat dipulihkan" terhadap hak-hak mereka karena operasi militer Israel yang sedang berlangsung di kota Rafah di selatan Gaza. Panel hakim ICJ akan mendengarkan argumen dari Afrika Selatan di pengadilan pada Kamis sore, dan akan mendengar dari perwakilan Israel pada Jumat pagi.

Israel sebelumnya telah menolak tuduhan Afrika Selatan di pengadilan PBB, berpendapat operasi-operasinya di Gaza adalah pertahanan yang sah terhadap pembunuhan massal terbesar terhadap orang Yahudi dalam satu hari sejak Holocaust.