Logo Bloomberg Technoz

Tersingkir dari AS & Eropa, Produsen EV China Fokus ke Brasil

News
17 May 2024 10:50

Toko milik BYD di London, Inggris. (Dok: Bloomberg)
Toko milik BYD di London, Inggris. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Dikucilkan dari pasar Amerika Serikat dan menghadapi tekanan di Eropa, produsen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) China kini mengalihkan fokus mereka ke negara-negara yang menyambut mereka dengan tangan terbuka. Dan salah satu negara besar tersebut adalah Brasil.

BYD Co dan Great Wall Motor Co saat ini sudah mendominasi penjualan mobil listrik di pasar otomotif terbesar keenam di dunia tersebut. Kini, kedua raksasa China ini tengah membangun pabrik di Brasil - yang akan membantu mereka menjual mobil bebas bea masuk ke seluruh Amerika Latin, tepat saat Presiden Joe Biden menjanjikan tarif 100% di AS.

Produsen-produsen raksasa China telah memicu ketegangan di seluruh dunia karena ekspor mereka yang murah mengancam mata pencaharian perusahaan dan pekerja lokal. Jika mereka ingin menjangkau lebih banyak konsumen global - dan dengan perang harga yang sedang terjadi di dalam negeri - perusahaan-perusahaan di Beijing berada di bawah tekanan untuk berinvestasi, memproduksi, dan mempekerjakan tenaga kerja di pasar luar negeri alih-alih hanya mengirimkan barang ke sana.

Dan itulah yang dilakukan oleh perusahaan mobil tersebut di Brasil. BYD berharap dapat memulai produksi pada pertengahan 2025 di pabrik baru yang akan menjadi pabrik pertama mereka di luar Asia. Great Wall bertujuan untuk melampaui target tersebut dalam beberapa bulan - memproduksi SUV di dekat Sao Paulo sebelum akhir tahun ini.