Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed: Suku Bunga Perlu Tetap Tinggi Sedikit Lebih Lama

News
16 May 2024 07:10

Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)
Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Minneapolis Neel Kashkari menegaskan kembali bahwa bank sentral kemungkinan perlu mempertahankan suku bunga pada level saat ini "sedikit lebih lama." Dia mempertanyakan seberapa besar dampak kebijakan tersebut dalam menghambat laju perekonomian AS.

"Ketidakpastian terbesar dalam pikiran saya adalah seberapa besar tekanan penurunan yang diberikan kebijakan moneter terhadap perekonomian," kata Kashkari pada Rabu (15/05/2024) di sebuah acara di Bismarck, Dakota Utara. "Itu masih belum diketahui - kami tidak yakin. Dan itu memberi tahu saya bahwa kita mungkin perlu bertahan di sini 'sedikit lebih lama' sampai kita mengetahui ke mana arah inflasi sebelum mengambil kesimpulan apa pun."

Gubernur The Fed Minneapolis itu mengatakan pekan lalu bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga pada level mereka saat ini "untuk jangka waktu yang lama." Para pembuat kebijakan telah mempertahankan suku bunga pada level saat ini - sekarang menjadi level tertinggi dalam 23 tahun - sejak Juli 2023.

Para pejabat The Fed telah mengesampingkan ekspektasi untuk penurunan suku bunga pertama, menekankan perlunya menjaga biaya pinjaman tetap tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama di tengah data inflasi yang mengecewakan. Data terbaru yang dirilis pada Rabu menunjukkan pertumbuhan harga di luar makanan dan energi melambat untuk pertama kalinya dalam enam bulan di bulan April.