Logo Bloomberg Technoz

Inflasi AS Turun Pertama Kalinya dalam 6 Bulan, Melegakan The Fed

News
15 May 2024 20:01

inflasi AS masih belum jinak menuntut Fed bertahan melanjutkan pengetatan moneter (Bloomberg)
inflasi AS masih belum jinak menuntut Fed bertahan melanjutkan pengetatan moneter (Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Ukuran inflasi AS yang mendasari turun pada April untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir, mengindikasikan tekanan harga mereda secara bertahap dan mendukung niat Federal Reserve untuk memangkas suku bunga di akhir tahun ini.

Indeks harga konsumen (IHK) inti, yang tidak termasuk biaya makanan dan energi, naik 0,3% dari Maret, menurut data pemerintah yang dirilis pada Rabu (15/5/2024). Dari tahun lalu, indeks ini naik 3,6%.

Para ekonom melihat ukuran inti sebagai indikator yang lebih baik dari inflasi yang mendasari daripada IHK secara keseluruhan. Ukuran tersebut naik 0,3% dari bulan sebelumnya dan 3,4% dari tahun lalu, angka Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukkan. Tempat tinggal dan bensin menyumbang lebih dari 70% dari kenaikan tersebut, kata BLS dalam laporannya.

Metrik Aktual Perkiraan
IHK MoM +0,3% +0,4%
IHK Inti MoM +0,3%  +0,3%
IHK YoY +3,4% +3,4%
IHK Inti YoY +3,6% +3,6%


Meskipun angka-angka tersebut dapat memberikan harapan kepada The Fed bahwa inflasi melanjutkan tren penurunannya, para pejabat akan ingin melihat angka tambahan untuk mendapatkan kepercayaan diri yang mereka butuhkan untuk mulai berpikir tentang pemotongan suku bunga.