Logo Bloomberg Technoz

Kode FREN dan EXCL Bakal Jadi Pengendali Bersama Kala Merger

Redaksi
15 May 2024 18:00

Ilustrasi operator seluler XL Axiata (EXCL) dan Smatfren (FREN). (Dok: Kolase XL dan Smartfren/situs perusahaan)
Ilustrasi operator seluler XL Axiata (EXCL) dan Smatfren (FREN). (Dok: Kolase XL dan Smartfren/situs perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua pemegang saham penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), menyepakati penjajakan merger usaha lewat kepemilikan bersama.

Pemegang saham EXCL, Axiata Group Berhad, dan tiga pemilik saham FREN, PT Wahana Inti Nusantara (pengendali), PT Global Nusa Data, dan PT Bali Media Telekomunikasi menjelaskan telah menyepakati perjanjian memorandum of understanding yang tidak mengikat.

“Rencana transaksi masih dalam tahap awal proses evaluasi dan entitas gabungan direncanakan untuk dikendalikan bersama berdasarkan syarat tata kelola yang akan didiskusikan dan dirinci lebih lanjut,” tulis Sekretaris Perusahaan FREN James Wewengkang, dikutip Rabu (15/5/2024).

“Entitas gabungan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham dan para pemangku kepentingan lainnya melalui sinergi.”

MoU rencana konsolidasi bisnis terjadi pada 15 Mei 2024 dengan tujuan memberi manfaat bagi pemangku kepentingan dan sektor telekomunikasi dan, “dengan lebih efektif mendukung aspirasi dan kebutuhan digital Indonesia.”