Logo Bloomberg Technoz

Ambisi Swasembada Gula: Pabrik dan Lahan Tebu Merauke Diragukan

Pramesti Regita Cindy
15 May 2024 13:40

Gula kristal putih./Bloomberg-Prakash Singh
Gula kristal putih./Bloomberg-Prakash Singh

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) menyangsikan efektivitas proyek ambisius swasembada gula dan bioetanol yang sedang dikembangkan pemerintah di lahan seluas 2 juta hektare (ha) di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Ketua Umum APTRI Soemitro Samadikoen mengataakan pengelolaan batang tebu menjadi gula berkualitas tinggi memerlukan teknololgi canggih dan modal sangat besar. Kedua tantangan tersebut mesti bisa dijawab  oleh pemerintah.

"Produksi nasional bisa terpenuhi kalau memang [pabrik] itu jalan, masalahnya benar itu bisa jalan? Secara logika saja, tanaman tebu itu tidak bisa diproses menjadi bahan makanan kalau tidak ada pabrik prosesnya," kata Soemitro kepada Bloomberg Technoz, Rabu (15/5/2024).

Isu Lokasi

Soemitro juga menggarisbawahi masalah pentingnya keselarasan antara pabrik gula dan luas kebun tebu yang akan digarap. Terlebih, lahan tebu yang tersebar dan berkelompok-kelompok di Merauke dapat membuat pembangunan pabrik besar justru menjadi tidak efisien.