Logo Bloomberg Technoz

Banjir Lahar Dingin Tanah Datar Sumbar, 13 Orang Meninggal Dunia

Azura Yumna Ramadani Purnama
12 May 2024 16:01

Banjir Lahar Dingin Tanah Datar, Sumbar
Banjir Lahar Dingin Tanah Datar, Sumbar

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terdapat 13 korban jiwa akibat terjadinya bencana banjir lahar dingin yang terjadi di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan bahwa pencarian dan pertolongan yang dilakukan tim SAR gabungan, berhasil mengevakuasi 13 korban jiwa akibat banjir lahar dingin yang terjadi itu.

“Total korban jiwa atas bencana banjir lahar dingin di Tanah Datar hingga hari ini pukul 12.00 WIB menjadi 13 orang. Tim pencarian dan pertolongan gabungan masih terus melakukan upaya evakuasi warga terdampak,” kata Abdul dalam keterangan resminya, Minggu (12/5/2024).

Ia mengatakan berdasarkan pembaharuan data yang diterima oleh pihaknya, tercatat terdapat 13 orang meninggal dunia, 7 orang dilaporkan hilang, dan 12 orang mengalami luka-luka. Adapun, terdapat 84 kartu keluarga (KK) yang terdampak banjir lahar dingin tersebut.

Abdul turut menyampaikan, lalu lintas dari Kabupaten Tanah Datar - Padang - Solok saat ini tidak dapat dilalui. Sementara akses jalan di Antar Nagari terdapat beberapa titik yang mengalami kelumpuhan, oleh karena itu warga yang melintas harus mencari jalan alternatif lain.