Logo Bloomberg Technoz

Ada Wacana Pembebasan Pajak Dividen, Saham Hong Kong Menguat

News
10 May 2024 11:15

Ilustrasi Bursa Saham Asia.
Ilustrasi Bursa Saham Asia.

Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Hong Kong menguat karena regulator dikatakan sedang mempertimbangkan proposal untuk membebaskan investor individu dari pembayaran pajak atas dividen yang diperoleh dari saham Hong Kong yang dibeli melalui Stock Connect.

Indeks acuan Hang Seng Index melonjak sebanyak 1,7% sebelum memangkas kenaikan, sementara indeks saham China daratan yang terdaftar di kota tersebut naik sebanyak 1,9%. Namun, di China daratan, Indeks CSI 300 turun 0,4% karena investor menilai sebuah laporan yang mengatakan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden siap untuk mengumumkan keputusan besar-besaran mengenai tarif China secepatnya minggu depan.

Rencana pengabaian dividen yang diusulkan akan menjadi hal positif yang signifikan untuk volume perdagangan di Hong Kong, dengan pialang dan bank-bank tertentu yang berpotensi menjadi penerima manfaat, analis JPMorgan Chase & Co, termasuk Harsh Wardhan Modi menulis dalam sebuah catatan klien.

"Kami percaya bahwa wajar untuk mengasumsikan lonjakan dalam omzet ke arah selatan karena ekspektasi persetujuan dan lebih jauh lagi, jika persetujuan datang," kata mereka.

Saham Hong Kong (Dok: Bloomberg)