Logo Bloomberg Technoz

Luhut Akui Pembebasan Lahan Masih Jadi Masalah di IKN

Pramesti Regita Cindy
09 May 2024 17:00

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengakui bahwa masih terdapat permasalahan pembebasan lahan di proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Memang ada beberapa “pending issue” terkait lahan yang saya bicarakan dengan kementerian/lembaga terkait, termasuk di dalamnya mengenai penggantian tanah warga yang terdampak pembangunan IKN," ungkap Luhut dalam unggahan di Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Kamis (9/4/2024).

Luhut tak menampik memang dalam sebuah pembangunan, permasalahan lahan menjadi hal yang paling krusial untuk diselesaikan. Oleh karena itu, dibutuhkan koordinasi lintas sektor, baik dari pusat sampai daerah, untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Oleh karena itu, Luhut meminta seluruh stakeholder untuk dapat menyelesaikan kasus per kasus karena setiap warga lokal punya budaya dan tradisi yang berbeda-beda yang harus dihargai.

"Bila memang harus dilakukan relokasi, maka harus dibangunkan hunian yang layak dan bagus bangunannya, agar seimbang dengan hasil pembangunan IKN sendiri," jelas Luhut.