Logo Bloomberg Technoz

Update Proyek Baterai Bareng CATL, Antam (ANTM) Siapkan Rp1,28 T

Sultan Ibnu Affan
08 May 2024 15:45

Baterai sodium-ion CATL./Bloomberg-Krisztian Bocsi
Baterai sodium-ion CATL./Bloomberg-Krisztian Bocsi

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam membeberkan sumber pendanaan yang tengah disiapkan perseroan untuk membiayai proyek ekosistem baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), termasuk yang akan dikembangkan bersama raksasa baterai China, Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL).

Terkait dengan proyek tersebut, Chief Operating Officer (COO) Antam I Dewa Wirantaya mengatakan, secara bertahap, perseroan menyiapkan dana sekitar US$80 juta (Rp1,28 triliun asumsi kurs saat ini) untuk tahun ini.

“Gradual, tahun ini perkiraan kami [kebutuhan dana untuk proyek baterai tersebut] sekitar US$80 juta untuk Antam, karena kan baru desain dasarnya, baru persiapan,” ujarnya saat ditemui usai RUPS ANTM, Rabu (8/5/2024). 

Dana tersebut, lanjut Dewa, disiapkan dari dana internal perseroan. Adapun, pendanaan eksternal akan didapatkan melalui perhimpunan bank milik negara (Himbara), tetapi dia tidak menyebutkan berapa nominal yang diajukan.

Tren investasi pabrik baterai EV global. (Sumber: Bloomberg)

“Himbara kan untuk pendanaan di rasio 60% funding-nya. Semuanya dalam proses, belum menyebut range-nya. Di BNP Paribas juga sedang proses. Lagi progres, saya belum bisa menyebut angkanya,” ujarnya.